Pengajuan Klaim kacamata menggunakan BPJS kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang memiliki gangguan pengelihatan Mata seperti Mins atau Plus bisa mengdapatkan jaminan kesehatan berupa alat bantu Kacamata. BPJS akan menanggung biaya pembuatan kacamata yang dapat membantu pengelihatan peserta. Optik Citra menerima pembelian kacamata menggunakan kartu BPJS kesehatan di beberapa lokasi outlet kami yaitu Optik Citra Padang, Optik Citra Pekanbaru Jl.Ayani, Optik Citra Jambi Jl. Sipin, Optik Citra Muaro Bungo, dan Optik Citra Tanjung Pinang.

Berikut ini disampaikan prosedur klaim atau membeli kacamata dengan BPJS Kesehatan.

  1. Peserta datang ke fasilitas kesehatan pertama (Faskes I) yang sudah di tunjuk oleh BPJS untuk mendapatkan Surat Rujukan ke Dokter Spesialis Mata /poli mata.
  2. Peserta datang ke Dokter Spesialis Mata yang di tunjuk untuk mendapatkan resep ukuran mata.
  3. Peserta kembali mendatangi loket BPJS untuk melegalisir resep ukuran mata.
  4. Peserta datang ke cabang optik Citra yang menerima BPJS dengan membawa Resep Ukuran Mata yang sudah di legalisir, Fotocopy KTP dan Fotocopy Kartu Peserta BPJS.
  5. Peserta bertransaksi sesuai dengan benefit yang tertera, apabila ada kelebihan dibayar di tempat.

Pelayanan kesehatan mata yang dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan adalah sesuai dengan prosedur pelayanan dan sesuai dengan indikasi medis. Pengobatan mata dengan laser, saat ini belum dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, hanya yang kacamata + lensa yang dapat dijamin oleh BPJS.

Nilai kacamata + lensa yang dijamin oleh BPJS Kesehatan sebagai berikut :

Kelas I = Rp 300.000,-
Kelas II = Rp 200.000,-
Kelas III = Rp 150.000,-

Ukuran kacamata yang dijamin oleh BPJS Kesehatan adalah minimal 0.5 Dioptri untuk lensa spheris dan 0.25 Dioptri untuk lensa silindris. Kacamata dapat diberikan maksimal 1 kali dalam 2 (dua) tahun. Penggantian lensa maksimum 1 kali dalam 2 (dua) tahun dan untuk penggantian bingkai maksimum 1 kali dalam 3 (tiga) tahun.